Jumat, 30 Januari 2015

Pantai terindah di Bali

  1.Pantai Nusa Dua


 Nusa Dua merupakan salah satu tempat wisata yang indah di Bali. Kawasan ini terkenal dengan keindahan pantainya yang eksotis dan menawan. Karena keindahannya, kawasan ini juga sering digunakan sebagai tempat diadakannya konferensi dengan skala besar yang dikunjungi oleh pemimpinn negara-negara di dunia. Nusa Dua terletak dibagian tenggara pulau Bali, untuk mencapai tempat ini, dibutuhkan waktu selama 40 menit dari Denpasar. Bagi Anda yang ingin langsung menikmati keindahannya, bisa langsung berkendara sejauh 8 kilometer atau 30 menit dari bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Nusa Dua juga memiliki taman terindah di Bali yang sekitarnya terdapat hotel-hotel tempat Anda menginap. Beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Nusa Dua adalah Pantai Geger yang terkenal dengan pasir putihnya yang lembut di tepi barat. Kemudian Pulau Serangan yang merupakan kawasan konservasi penyu.
      Pantai Nusa Dua memiliki kondisi arus air yang tenang, sehingga aman dan cocok untuk liburan keluarga, anda bisa bercamping bersama keluarga, sambil menikmati jajanan yang ditawarkan, sedangkan untuk anak-anak bisa leluasa bermain di pantai ini. Seperti pantai di bali lainnya, pantai nusa dua tidak kalah indah, bersih dan rapi sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati wisata air lainnya seperti banana boat, jetski, parasailing dan snorkeling. Selain menikmati wisata paantainya, Anda juga datang ke Museum Pasifika di Nusa Dua ini. Museum ini menampilkan karya-karya besar para senian Eropa. Bagi Anda pecinta kuliner, Nusa Dua juga menyediakan wisata kuliner yang menggugah selera Anda. Menu masakan yang dihidangkan biasanya seafood dengan cita rasa khas Bali. Selain itu, yang menjadikan tempat wisata ini popular di mancanegara karena tempat ini pernah dijadikan lokasi konferensi PBB tentang perubahan iklim tahun 2008 antara 3 Desember dan 14 Desember 2007. 
Sejarah
Selain nilai wisata, Pantai Nusa Dua pun memiliki nilai sejarah atau cerita yang unik. Begini ceritanya ! Cerita rakyat bali mengatakan bahwa dulu pantai nusa dua ini merupakan pantai tempat hukuman bagi masyarakat yang berbuat kesalahan. Sehingga pantai ini menjadi tempat pembuangan orang bersalah di masyarakat, sebab pantai ini pada waktu itu sangat tandus , dengan kondisi seperti itu mereka hanya makan dari apa yang mereka dapat di pantai ini. Seperti halnya masyarakat bias yang melakukan kesalahan, pendek cerita ada dua orang ksatria yang di hukum dan di buang ke tempat ini, kedua kesatria ini bertarung di pantai ini untuk merebut kekuasaan, akan tetapi sebelum bertarung mereka meletakkan pikulan mereka di pinggir pantai. Setelah mereka bertarung, ternyata mereka memiliki kemampuan yang sama hebatnya. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk membagi kekuasaan. Pemisah daerah kekuasaan itu adalah barang pikulan mereka yg mereka letakkan di pinggir pantai sebelum bertarung. Itulah awal mula cerita dari pantai nusa dua.
Akses Untuk menuju pantai nusa dua ini sangat mudah, jika anda dari daerah Kuta hanya sekitar (20-30 menit waktu perjalanan) dan jika dari Jimbaran sekitar (15 menit waktu perjalanan) di jalur selatan adalah jalur utama yang disebut Jalan Bypass Ngurah Rai, yang menjadi Jalan Bypass Nusa Dua saat mendekati wilayah tersebut. Selain itu, kemudahan akses menuju pantai Nusa Dua ini bisa diakses dari Bandara internasional hanya dengan sekitar 20 sampai 30 menit dengan menggunakan mobil dan jika menggunakan jasa taksi tarifnya memakan biaya antara Rp 95.000 sampai 110.000.

2.Pantai Batu Bolong

Add caption
         Keindahan Pura Batu Bolong konon yang membawa kesan tersendiri bagi umat Hindu yang bersembahyang. Bagaimana tidak, Anda akan ditemani oleh deburan ombak yang menabrak karang Pura Batu Bolong dan menyesap perlahan melalui ronngga-rongga. Di bawah naungan pohon dan hamparan langit biru Pantai Senggigi inilah Pura Batu Bolong seakan membawa umatnya larut dalam keindahan alam ciptaan yang Maha Kuasa. Keindahan Pura Batu Bolong kerap disejajarkan dengan Pura Tanah Lot Bali yang letaknya menjorok dari garis pantai. Suasana spritual Pura Batu Bolong tersebut ditambah lagi dengan letak Pura yang berhadapan dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali, gunung yang disucikan oleh umat Hindu. Menurut kesaksian masyarakat yang beribadah di pura ini, walaupun suara ombak datang silih berganti namun keheningan bercampur dengan spirit religius selalu menggema.
Pura batu Bolong terdiri dari dua bangunan pura. Yang pertama adalah pura yang terletak di bawah pohon dan berada di dekat pintu masuk setelah menuruni beberapa anak tangga bernama Pura Ratu Gede Mas Mecaling. Sedangkan pura kedua berada di atas karang yang tingginya sekitar 4 meter berada di posisi yang menjorok. Beberapa patung yang terdapat di pura ini adalah patung Subali, Sugriwa, Rama, Laksmana dan patung Naga.
Keberadaan Pura batu Bolong ini secara langsung memiliki makna tradisi yang bersentuhan dengan kehidupan masyarakat Hindu di Lombok yang diwariskan oleh budaya Bali. Walaupun ada kedekatan secara historis-geografis, namun masyarakat Hindu setempat tetap melekatkan makna tradisi didalamnya. Kemiripan makna tradisi dengan yang ada di Bali terlihat dari jenis-jenis pelinggih yang di bangun di pura ini. Uniknya, saat lebaran tiba, umat muslim di Lombok akan datang beramai-ramai ke pantai di depan pura. Mereka beramai-ramai menikmati opor ayam, ketupat, ayam taliwang serta serundeng. Inilah bukti nyata kerukunan antara umat Islam dan Hindu yang menunjukkan bahwa mereka dapat hidup berdampingan secara harmonis. Keharmonisan yang sama akan kita lihat jika mengunjungi Pura Lingsar di Kecamatan Narmada Lombok Barat.
Seperti halnya pura-pura yang ada di Lombok, setiap pengunjung diharuskan untuk mentaati beberapa peraturan yakni diharuskan memakai selendang kuning yang dililitkan pada pinggang dan bagi wanita yang sedang datang bulan dilarang untuk datang ke pura ini. Jangan lupa untuk sukarela menyumbang uang sebagai dana kebersihan dan perawatan pura ini.
Pura Batu Bolong tak hanya dikunjungi mereka yang akan beribadah, namun juga para penghobi fotografi. Maklum pura ini sangat indah dikunjungi pada saat sunset. Saat matahari melebur dengan alam, laut yang disepuh warna matahari keemasan siapkan kamera Anda untuk mengabadikan momen berharga ini. Saat malam tiba, bintang-bintang memayungi Pura Batu Bolong dan deburan ombak Pantai Senggigi semakin keras terdengar. Kawasan Pura batu Bolong ini cukup ramai. Banyak pedagang souvenir, makann dan minuman yang siap menjamu Anda kala lapar dan haus datang.
Untuk mencapai tempat ini Anda bisa menumpang ojek dari Mataram. Tarif ojeknya tergantung kepintaran Anda untuk menawarnya. Terletak di kawasan wisata paling populer di Lombok Anda tidak akan kesulitan untuk mencari hotel. Ada beberapa pilihan penginapan yang bisa Anda pesan untuk tempat bermalam. Ada Holiday Resort Lombok, Pool Villa Club Senggigi Beach Hotel atau Senggigi Beach Hotel.

3.Pantai Kuta


Pantai Kuta

Pantai Kuta Bali, jantungnya pulau Bali begitu orang mengenalnya dan keindahan pantai Kuta Bali, sangat terkenal ke mancanegara. Pantai Kuta Bali, berpasir putih dengan ombaknya yang panjang dan besar sangat menguji nyali peselancar belahan dunia. Tidak salah mereka memilih pantai Kuta, sebagai lokasi Surfing terbaik di Bali.
Bagi peselancar pemula, tidak perlu khawatir jika ingin belajar olahraga selancar. Disepanjang pantai banyak disewakan papan surfing dengan harga yang bervariasi, tergantung besar dan kwalitas bahannya. Ditemani pemandu yang sudah berpengalaman selalu siap membantu memecah ombak pantai.
Lokasinya yang begitu strategis membuat pantai Kuta Bali, tidak pernah sepi pengunjung untuk wisata pantai Bali. Pantai yang dulunya adalah perkampungan nelayan tradisional, kini berubah menjadi tempat pertemuan orang-orang dari berbagai negara. Akses menuju pantai sangat mudah dilalui, dengan kendaraan bermotor. Hanya 15 menit dari Bandara Ngurah Rai Bali, dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.
Namun jika naik bus, penumpang harus berhenti di central parkir dan harus naik sutle ke pantai Kuta Bali. Mengingat areal parkir berada dipinggir jalan dan untuk menghindari kemacetan. Apalagi pada saat musim liburan dan tahun baru, pemerintah desa adat setempat, akan menutup jalan bagi kendaraan bermotor menuju pantai.
Disepanjang jalan menuju pantai, ada banyak hotel, restoran, pusat perbelanjaan, pasar seni, dan fasilitas penunjang obyek wisata lainnya. Menjelang sore hari wisatawan yang menginap di sekitar Kuta, biasanya berjalan-jalan menuju pantai untuk sekedar berjemur, sambil menikmati matahari terbenam. Jika cuaca lagi cerah, matahari akan terbenam sekitar jam 18.00.
Lelah menyusuri pantai, ibu–ibu penduduk lokal setempat, sudah siap menanti menawarkan jasa pijat. Dengan berbekal selembar tikar, minyak urut dari kelapa, dicampur garam bertarif Rp 75.000. Terutama para peselancar selalu langganan dengan jasa pijat tersebut. Pedagang makanan dan minuman kecil juga tidak kalah bersaing dengan restoran yang ada di sekitar pinggir pantai. Kuta salah satu wilayah yang menyediakan beraneka ragam tempat makan di Bali yang masuk dalam kategori favorit wisatawan.

4.Pantai Virgin


Bali merupakan pulau dengan dominasi Pantai yang indah dan eksotis. Salah satunya yakni Pantai Virgin yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali Timur. Pantai ini termasuk pantai yang belum banyak tereksplorasi oleh banyak wisatawan. Ada beberapa nama untuk pantai ini mulai dari Pantai Pasir Putih, Pantai Prasi danVirgin Beach.
Pantai ini lebih cocok dinamakan Pantai Virgin karena memang suasananya masih sepi, aman, nyaman, dan belum banyak di datangi wisatawan lokal. Pantai ini memiliki air yang bening sehingga sangat cocok untuk berenang atau snorkeling dan tentunya berjemur yang kerap dilakukan oleh wisatawan mancanegara.

Keindahan Pantai Virgin ini sungguh luar biasa, bahkan ada yang menyebut Pantai terindah nomor 1 di Pulau Bali. Terletak diantara dua tebing sehingga pantainya cukup tersembunyi, yakni berada di balik Bukit Bugbug dan Perasi. Untuk menjangkaunya, pengunjung menempuh jarak sekitar 1 km dari jalan utama menuju kota Karangasem. Dan kondisi jalan menuju Pantai Virgin belum baik infrastrukturnya dan terjal.
Pemandangan laut di sini memang luar biasa, ada sensasi tersendiri, karena untuk mencapai ke lokasi medan cukup sulit, kondisi yang masih pure, mengingatkan kita pada Pantai Dreamland waktu pertama kali dikenal oleh wisatawan.
Pantai Virgin ini memiliki kondisi alam yang masih terjaga keasriannya dan belum dieksploitasi oleh manusia. Nama “Virgin beach” memang tepat menggambarkan kondisi geografis dan keindahan pantai ini. Letaknya yang berada diantara dua tebing ini membuat Pantai Virgin agak sulit ditemukan.
Pantai Virgin atau Pantai Prasi ini berada di Desa Prasi, termasuk wilayah Kabupaten Karangasem, Bali.

Akses menuju Pantai Virgin :
- Dari Denpasar : Menggunakan angkutan umum / bus kecil  / kendaraan pribadi menuju kota Karangasem / Amlapura. Turun di desa Prasi atau turun di dekat petunjuk kiri jalan yaitu White Sand Beach. Kemudian cari ojek untuk menuju Pantai Virgin. Jika menggunakan kendaraan pribadi langsung belok kanan saat ada petunjuk White Sand Beach. Akses jalan akan melalui perkampungan.
Waktu tempuh dari Kota Denpasar adalah 2 jam.

- Dari Karangasem / Amlapura : Menuju kota Denpasar, saat di Desa Prasi cari petunjuk di kanan jalan  White Sand Beach. Kemudian belok kiri.
Terletak di areal pantai Bali selatan, melewati situs hotel yang tidak dipakai lagi Bali Cliff Resort, pengunjung wajib menuruni ratusan tangga untuk mencapai titik ini. Pada dasar pantai terdapat sebuah gua kelelawar; sangat tidak berbahaya karena seluruh kelelawar tertidur di siang hari.

5.Pantai Green Bowl 

 

Green Bowl Beach, Bali Indonesia
Untuk mencapai Pantai Green Bowl mungkin menjadi tantangan tersendiri namun saat anda tiba di pantai ini semua terbayarkan karena pantai ini sangat sepi, terpencil serta ombaknya merupakan surga bagi para peselancar profesional.
Green Bowl dikenal sebagai salah satu titik terbaik di Bali untuk berselancar, dan sangat tidak disarankan bagi para pemula yang baru belajar berselancar. Untuk aksesnya sendiri, temukan jalur tangga yang terletak di dekat sebuah Pura, dekat Bali Cliff Resort.

6.Amed Beach

 Amed beach and volcano
      Nama “Amed” sebenarnya menunjuk ke salah satu desa nelayan yang berlokasi di pantai Bali Timur. Dengan pemandangan matahari terbit yang memukau dan titik terbaik untuk melakukan diving serta snorkeling, Amed menjadi destinasi favorit saat weekend kami tiba.
      Desa - desa pesisir yang cukup menawan tersebar di sepanjang pantai sehingga masing - masing desa tidak merasa bahwa desanya merupakan desa terbaik ataupun sebaliknya, juga pemandangan megah Gunung Agung, menjadi alasan lainnya untuk wisatawan tetap tinggal di area ini.
Amed dapat ditempuh 2 setengah jam dari Bali Selatan, melewati areal Karangasem dan Klungkung. Tempat ini juga merupakan titik terbaik bagi anda yang ingin mengunjungi atraksi lokal terkenal lainnya seperti Tirta Gangga Water Palace dan Pura Goa Lawah.

7.Dream Beach

 Dream Beach
         Walaupun pantai ini tidak terletak di Pulau Bali, namun Dream Beach masih terletak pada Provinsi Bali di Nusa Lembongan, salah satu pulau kecil di timur Bali. Dream beach merupakan salah satu 10 pantai tersembunyi favorit pilihan kami. Pulau kecil ini dapat ditempuh selama 30 menit dengan menggunakan kapal speedboat dari Sanur atau pelabuhan Benoa, dimana pulau ini menawarkan area bebas kendaraan bermobil, pemandangan matahari terbenam kelas dunia, serta pantai - pantai terpencil lainnya.
      Dream Beach dengan pasir putihnya yang menawan berlokasi di pesisir selatan Nusa Lembongan serta berada di balik deretan pohon palem serta semak-semak belukar. Di area ini juga terdapat berbagai akomodasi terjangkau dan juga kafe - kafe yang menyediakan berbagai jenis masakan lokal.

8.Karma Beach

Karma Kandara Beach

       Pantai ini merupakan bagian dari Resor Karma Kandara, yang berlokasi di areal Ungasan di semenanjung Bukit, dan juga dikenal sebagai Pantai Nammos, yang merupakan nama dari beach club yang berada pada resor ini. Untuk mengakses pantai, anda akan diantar turun oleh sebuah lift kabel dengan pemandangan pantai pasir putih, serta air laut berwarna biru langit.
          Untuk masuk ke Beach Club Nammo anda akan dikenakan biaya masuk yang juga dapat digunakan sebagai voucher makanan dan minuman, perlu diketahui juga bahwa gaya masakannya berupa ala Meditarinian. Mungkin harga masuknya agak sedikit mahal, namun dengan tarif sebesar ini untuk menghabiskan waktu pada salah satu pantai privat tanpa diganggu oleh penjual makanan/ minuman setiap saat, sangatlah setimpal. Juga, sangat tidak rugi untuk pergi ke sini karena anda akan dilayani secara ramah oleh para staff disana.

9.Pantai Dreamland

Dreamland from the cliffs
      Berlokasi di kawasan Pecatu Indah Graha, sebuah kawasan berkembang yang sampai saat ini masih terus berbenah dan sibuk mempercantik diri, menjadikannya sebagai salah satu pantai yang wajib dikunjungi. Dengan warna pirus pada air lautnya dan pasir putihnya yang bersih, anda hanya bisa membayangkan dan bermimpi seperti apa wajah pantai ini pertama kali sebelum pembangunan - pembangunan terjadi di kawasan ini. Adapun lokasi populer bagi para peselencar ini dapat diakses setelah melewati gerbang besar Pecatu Indah dengan menuruni jalanan lebar yang menuntun anda kearah pantai.

10.Pantai Padang-padang

  Padang - Padang yang berlokasi sejalan ke arah Uluwatu. Anda diharuskan menuruni beberapa anak tangga yang berada pada celah tebing, untuk bisa sampai ke pesisir pantai.
Padang-padang juga sangat terkenal di kalangan peselencar dunia, anda bisa menyaksikan aksi lihai para peselancar dalam mengendalikan ombak di pantai ini. Untuk yang bukan peselancar, anda jangan khawatir, karena pantai ini menawarkan area santai bagi anda untuk menikmati hangatnya sinar matahari dan pemandangan pantai yang spektakuler, namun harap dicatat bahwa jika pantai pasang, tidak akan ada pantai sama sekali.
Jika anda makan camilan atau berdiam di salah satu warung lokal, niscaya anda mungkin akan mendapatkan 1 atau 2 buah sarong.

11.Pantai Mangening

       Pulau Bali memang merupakan surganya wisata pantai di Dunia. Bermacam-macam keindahan pantai dapat ditemukan di Bali. Dari pantai yang memiliki hamparan pasir yang indah sampai pantai dengan tumpukan bebatuan-bebatuan besar yang menawan. Objek wisata pantai mengening adalah salah satunya. Indahnya deburan ombak di babatuan Pantai Mengening memberikan suasana pantai yang berbeda sebagai salah satu wisata bahari. Percikan-percikan air yang berterbangan karena menghantam bebatuan tersebut membuat objek wisata pantai ini terlihat lebih memukau dibandingkan pantai lainnya. Tidak usah takut untuk mendekat melihat deburan ombaknya tersebut, karena ombak di objek wisata Pantai Mengening tidak akan cukup besar untuk menenggelamkan bebatuan besar disekitarnya, sehingga anda dapat menikmati pamandangan Pantai Mengening dengan rasa aman dan nyaman. Selain itu pantai ini juga memiliki hamparan pasir hitam yang berkemilau saat terkena sinar matahari. Dengan banyaknya keindahan yang dimiliki pantai ini, maka tak jarang banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara mengambil foto berlatarkan objek wisata Pantai Mengening. Anda tidak perlu menunggu datangnya ombak untuk mendapatkan foto yang menarik, karena deburan ombak di pantai ini terjadi setiap saat, sehingga sangat mudah untuk menagkapnya.
             Objek wisata Pantai Mengening berlokasi di Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Hanya sekitar 60 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. Anda hanya tinggal melalui Jalan Sunset Road, dan kemudian mengituti arah yang menuju ke Tanah Lot. Letak objek wisata Pantai mengening dekat dengan pura yang terkenal di Bali karena keindahan letaknya, yaitu Pura Tanah Lot. Jarak antara Pantai mengening dengan Pura Tanah Lot tersebut hanya sekitar 2 km.  Selain itu objek wisata pantai mengening juga berada disamping objek wisata Pantai Nyanyi, namun dipisahkan oleh sebuah sungai yang besar. Jadi jika anda ingin berkunjung ke Pantai Nyanyi, sebaiknya melewati jalan berkendara, letaknya juga tidak terlalu jauh. Dalam perjalanan menuju objek wisata Pantai Mengening, anda dapat melihat panorama sawah yang indah disebah kiri dan kanan jalan. Disamping itu keadaan jalan yang sudah beraspal dengan mulus akan membuat perjalanan anda makin terasa nyaman. Bagi anda yang ingin menyewa kendaraan dapat mengunjungi rentcar yang terdapat dekat daerah Tanah Lot.
            Di objek wisata pantai ini juga terdapat sebuah pura yang mengarah ke tengah pantai, dimana pura ini dikelilingi oleh bebatuan-bebatuan besar di sekitar pantai. Pura tersebut bernama Pura Gede Luhur Batungaus yang biasanya ramai di kunjungi saat upacara agama tertentu sebagai budaya adat di Bali. Seperti pada Pura Tanah Lot yang letaknya di tengah pantai, namun pura di objek wisata Pantai Mengening ini sudah memiliki jalan yang berpaving, sehingga sangat mudah bagi pengunjung untuk mendekati pura ini. Disamping itu terdapat jalan kecil juga untuk menuju daerah belakang Pura dimana berhadapan langsung dengan ombak yang berdeburan di Pantai Mengening. Disana terdapat kumpulan bebatuan besar yang aman untuk menikmati indahnya deburan ombak.
            Disekitar objek wisata pantai ini juga terdapat deretan villa-villa yang menarik dimana memberikan fasilitas yang nyaman untuk berlibur. Bagi anda yang ingin menikmati wisata kuliner, dapat menemukan banyak rumah makan di jalan bypass munggu sebelum memasuki daerah pantai mengening. Semua makanan yang disajikan disini merupakana makanan halal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar